feedburner

Masukkan E-Mail anda untuk mendapatkan artikel gratis:

Delivered by FeedBurner

Konsep Sistem Sumber

Bismillahirrahmanirrahim

Sistem sumber adalah segala sesuatu yang bernilai baik itu yang terlihat ataupun yang tidak terlihat yang dapat dimanfaatkan dalam melakukan melakukan proses pertolongan terhadap individu atau kelompok yang mengalami masalah.

Max Siporin, jenis sumber dapat dipandang dari beberapa hal, yaitu :

a. Sumber internal dan eksternal
Sumber internal dapat berupa kemampuan intelektual, imaginasi, kreativitas, motivasi, kegairahan, karakter moral, kekuatan dan ketahanan fisik, stamina, ketampanan atau kecantikan serta pengetahuan.
Sedangkan sumber eksternal dapat berupa harta kekayaan, prestise, mata pencaharian, sanak saudara yang kaya, teman yang berpengaruh dan hak-hak jaminan.

b. Sumber official dan non-official
Sumber official dapat berupa tokoh-tokoh formal, organisasi-organisasi yang secara formal mewakili masyarakat, seperti guru, pekerja sosial, badan konseling, dan badan-badan sosial pemberi pelayanan.
Sedang sumber non- official dapat berupa dukungan emosional maupun sosial dari kerabat, teman serta tetangga, sumber non- official ini merupakan bagian dari sistem sumber pertolongan alamiah.

c. Sumber manusia dan non-manusia
Sumber manusia adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan dan kekuatan untuk digali dan dimanfaatkan untuk membantu memecahkan permasalahan klien. Sedang sumber non-manusia adalah sumber-sumber material atau benda.

d. Sumber simbolik-partikularistik, kongkrit-universal dan pertukaran nilai
Sumber simboli-partikularistik dapat berupa informasi dan status sosial seseorang, informasi dan status sosial seseorang di dalam masyarakat mempunyai arti simbolik yang khusus dan dapat dipergunakan sebagai sumber yang dapat digali dan dimanfaatkan.



0 komentar:

Posting Komentar